Minggu, 27 November 2011

Masa Depan Tuhan by Karen Armstrong

Masa Depan Tuhan
Sanggahan terhadap fundamentalisme dan ateisme
Oleh Karen Armstrong

Setelah melacak perkembangan konsepsi manusia tentang Sang Pencipta dalam Sejarah Tuhan, kini Karen Armstrong menampilkan kajian tentang masa depannya. Dalam buku ini, Karen Armstrong menunjukkan pembelaan terhadap Tuhan dan agama menentang fundamentalisme dan ateisme.

Di Berbagai penjuru dunia, kita melihat agama-agama sedang mengalami kebangkitan. Dampaknya terasa di berbagai bidang: politik, sosial dan ekonomi. Namun, pada saat yang sama, skeptisisme dan nihilisme terhadap Tuhan pun terasa meningkat sebagai respons terhadap perkembangan itu. Dalam buku ini, Karen Armstrong tampil lebih tegas mendukung agama dari serangan bertubi-tubi fundamentalisme maupun pemikir ateisme semacam Richard Dawkins, Christopher Hitchens dan Sam Harris. Karen Armstrong memperlihatkan kesejajaran antara ateisme gaya-Dawkins dan fundamentalisme kontemporer.

Dengan nada optimisme spiritual yang tenang, Karen Armstrong menyajikan gambaran menggairahkan tentang masa depan agama-agama.

"Karya-karya Karen Armstrong, mantan biarawati, senantiasa menarik... memberikan perspektif agar kita melihat masalah-masalah tentang Tuhan dan agama secara lebih bijak."
Azyumardi Azra, Guru Besar Sejarah, Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta


Nah, Silahkan membaca buku tebal 608 halam terbitan mizan ini (pegel matanya)

Salam
Ran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar